Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Yang Dapat Menimbulkan Bahaya Ketika Saat Bekerja




Hallo sobat moegn, sesuatu pekerjaan tentunya pasti ada bahaya yang di timbulkan ya kan, mau bahaya kecil maupun bahaya yang bersifat besar.

Menurut OHSAS 18001:2007, bahaya adalah semua sumber, situasi ataupun aktivitas yang berpotensi menimbulkan cedera atau kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja (PAK).

Sedangkan bahaya menurut DIS/ISO 45001, adalah sumber atau situasi yang berpotensi menyebabkan cedera atau sakit.

Bisa disimpulkan, bahaya merupakan semua sumber situasi pekerja yang dapat menimbulkan potensi cedera atau sakit pada saat bekerja. Sobat moegn!

Tentunya dalam melakukan sebuah pekerjaan kita harus memperhatikan sebuah keselamatan.

Bukan hanya keselamatan saja ya sobat moegn, kesehatan pun harus di perhatikan.

Nah, untuk menghindari bahaya tersebut. Yuk simak 5 Faktor Yang Dapat Menimbulkan Bahaya Ketika Bekerja, sebagai berikut :

#1 Faktor Bahaya Biologi
Bahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Ancaman dari bahaya biologi ini ditimbulkan dari limbah medis, sample microorganisme, jamur, virus dan racun yang timbul dari sumber biologis seperti tumbuhan dan binatang.

#2 Faktor Bahaya Kimia
Faktor ini dapat menyebabkan resiko fisik dan kesehatan, yang dimana bahayanya dapat menyebabkan efek kesehatan akut atau jangka panjang. Bahaya ini disebabkan dari radioaktif, korosif, iritan, bahan mudah meledak, dan racun.

#3 Faktor Bahaya Fisik atau Mekanik
Faktor ini dapat menyebabkan timbulnya kecelakaan yang dapat menimbulkan luka (injury) hingga kematian. Faktor bahaya fisik ini disebabkan oleh mesin atau alat kerja seperti tersayat, terjatuh, tertindih dan terpleset.

#4 Faktor Bahaya Biomagnetik
Bahaya yang berasal dari sikap dan cara kerja yang tidak sesuai, beban kerja yang tidak sesuai, pengaturan kerja yang tidak tepat atau tidak keserasian antara manusia dan mesin.

#5 Faktor Bahaya Pisikologis
Faktor bahaya yang disebabkan dari lingkungan kerja, semisal stres, pelecehan, dan intimidasi.

Berikut merupakan 5 Faktor Yang Dapat Menimbulkan Bahaya Ketika Bekerja, semoga dengan ulasan ini sobat moegn bisa memperhatikan hal-hal tersebut.

Jika kurang puas atas ulasan tersebut, silahkan melengkapi dari sumber yang lain. Keep sefety!

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung. Enjoyyy!
Atep Mugni Soleh Hudin
Atep Mugni Soleh Hudin Seorang manusia yang terus belajar hal baru. Aneh! Dingin! Nyegerin! Cendolnya gan?

Posting Komentar untuk "5 Faktor Yang Dapat Menimbulkan Bahaya Ketika Saat Bekerja"