Lagu Wajib Nasional Ibu Kita Kartini Cipta W.R Supratman

Lagu Wajib Nasional Ibu Kita Kartini Cipta W.R Supratman

Lirik Lagu Wajib Nasional Ibu Kita Kartini Cipta W.R Supratman


GENMUGN.MY.ID
LIRIK LAGU WAJIB NASIONAL

Judul : Ibu Kita Kartini
Pencipta : W.R. Supratman


Ibu kita kartini, Putri sejati,
Putri Indonesia, harum namanya.
Ibu kita kartini, Pendekar Bangsa,
Pendekar kaumnya, untuk merdeka.

Wahai Ibu kita Kartini, Putri yang mulia,
Sungguh besar cita citanya, bagi Indonesia.



2.
Ibu Kita Kartini, putri jauhari
Putri yang berjasa, se-Indonesia,
Ibu Kita Kartini, Putri yang suci,
Putri yang merdeka, cita-citanya
Wahai Ibu Kita.....


3.
Ibu Kita Kartini, pendekar putri,
Pendekar kaum ibu, se-Indonesia
Ibu Kita Kartini, penyuluh budi,
Penyuluh Bangsanya, Kar'na cintanya
Wahai Ibu Kita..........

Kehidupan Seorang Lelaki - Wanita Kelemahanku

Kehidupan Seorang Lelaki - Wanita Kelemahanku

Kehidupan Seorang Lelaki - Wanita Kelemahanku




Malam kemarin, aku terbangun sampai larut malam.

Terlihat di layar handphone menunjukan angka 23.43.

Ya, sudah seperti biasa aku seperti itu, bermain handphone, sambil membaringkan badan pada kasur busa yang aku gelar dilantai.

Malam kemarin terasa aneh menurutku, tidak seperti biasanya sunyi dan tenang. Bahkan, jalan di depan rumah yang biasanya ramaipun terlihat sepi.

Mungkin, karena suhu udara cukup dingin malam kemarin, maklum saat ini sudah memasuki puncak musim kemarau.

Orang-orang pasti malas keluar dari rumah pada saat udara dingin, dan lebih memilih menghambiskan malam sepertiku di dalam kamar sambil berselancar di media sosial.

Akan beda lagi jika kalau sudah menikah atau punya pasangan. Dalam udara dingin seperti es sekalipun akan terasa hangat bila bersama pasangan.

Nasib memang, di umurku yang sudah beranjak kepala tiga ini masih belum menemukan pasangan sama sekali.

Aku terlalu kaku soal wanita, berbincang dengan wanita saja kadang suka gemetar sampai gugup tidak karuan. Pernah suatu saat salah satu temanku Daniel mengenalkan kepadaku seorang wanita di Kampus.

"Nadel" ucap wanita tersebut sambil menjulurkan tangannya mengajak bersalaman.

Daniel yang melihat aku duduk diam saja tanpa menyambut tangan Nadel langsung memberikan kode.

"Gus.. kenalan" ucap Daniel.

"A.. a.. Agus" ucapku gugup sambil memegang tangan Nadel dengan gemetar.

Mana bisa aku tak gugup, dihadapanku ada wanita tinggi, kulit putih memakai cardigan terbuka, yang otomatis tank top abunya terlihat jelas membentuk lekuk tubuhnya saat itu.

Entah kenapa, aku perhatikan banyak sekali wanita yang memakai tank top dengan luaran cardigan di kampus.

Apa karena aturan yang tidak memperbolehkan memakai kaos oblong dari kampus, atau lagi trend style seperti itu, tapi menurutku lebih baik pakai kaos oblong dari pada memakai seperti itu.

Ah sudahlah, kenapa aku memikirkan hal tersebut. Jadi lupa harus menuliskan apa lagi.

Melanjutkan cerita tadi.

Tidak lama kemudian Nadel duduk disampingku, kemudian Daniel ikut duduk disamping Nadel.

Aku yang tidak terbiasa duduk di samping wanita mulai gelisah dan agak gugup, aku diam-diam melihat dan memperhatikan wajah Nadel.

Nadel memiliki mata yang sipit dengan alis yang tipis, bibirnya merah dan mungil, ketika dia senyum terlihat lesung pipit di pipinya. Hidungnya lumayan mancung.

"Imut juga, ternyata" ujarku dalam hati.

"Ada apa Gus?" Ucap Nadel tiba-tiba menepuk pahaku dengan tangannya.

Pada saat itu aku kaget dan mulai tidak karuan, Nadel membuatku malu karena ketahuan diam-diam memperhatikan wajahnya. Aku mulai gemetar karena tangan Nadel masih menempel dipahaku dan tiba-tiba celana jeans yang aku kenakan basah.

"Yaaaahhh.. kebiasaan, ngompol deh kalo lagi gugup" celetuk Daniel dengan keras.

Nadel pun terlihat menahan tawa ketika mendengarnya sambil melihatku.

Aku yang sangat malu waktu itu langsung lari ke toilet meninggalkan mereka berdua.

Memang aku ini payah soal wanita, tidak percaya diri, gugup jika berhadapan dengan wanita, sampai kencing di celana. Tidak seperti Daniel yang mudah bergaul, dan di sukai banyak wanita.

Di toilet aku merenung memikirkan yang telah terjadi, perasaanku terkadang suka iri pada Daniel, yang selalu digandrungi para wanita.

Tiap hari, ada saja wanita yang jalan dengannya, entah cuma menemani makan atau nonton bioskop.

"Sialan, kenapa daniel selalu memperkenalkan wanita kepadaku. Dia mau mengejek atau apa, kenapa aku baru sadar sekarang." ucapku menggerutu.

***

"Teetttttttt... teetttt..." suara bel rumahku berbunyi.

Siapa sih yang datang kerumah. Terlihat jam masih menunjukan pukul 05.40, terpaksa aku bangun, dan membukakan pintu. Sebenarnya berat meninggalkan kasur busa di kamar apalagi yang terlihat datang Daniel.

"Ngapain sih lo jam segini kerumah?". Tanyaku kesal.

"Yaelah, sinis amat Gus. Lari pagi buruan". Ucap Daniel.

"Lagian lo jam segini kerumah gw, ganggu gw aja. Sibuk gw!". Timpal gw agak males.

"Yaelah, sibuk apaan sih lo? Palingan lo tidur seharian, mending lari pagi buruan. Mungpung lagi weekend, gak ada jadwal kuliah ini kan". ucap Daniel

"Iya juga ya, dari pada gak ada kerjaan dirumah mending ikut aja." pikir gw

"Yaudah dah, gw ikut. Tunggu, gw mandi dulu sekalian ganti baju". Ucap gw ke Daniel.

Kok jadi ngomong gw, sorry ya terbawa emosi. Oke, kita lanjutkan lagi ceritanya.

Aku yang udah beres ganti baju menghampiri Daniel yang sedang asik main handphone.

"Mau kemana larinya?". Tanya gw ke daniel.

"Deket lah, ke summercon rame nih kalo weekend gini. Kapan lagi kita ikut car free day kaya orang". Jawab Daniel.

"Buset dah, deket dari mana bisa-bisa ancur ini kaki. Lari pondok gede ke summercon lo ajalah najis". ucap kesal

"Lo kira gw mau lari dari sini ke sana, kagak. Naik angkutan umumlah". Ucap Daniel

"Oh, oke.. oke.." jawabku

****

Benar juga kata Daniel weekend gini rame bener, kenapa baru tau sekarang. Mungkin, karena aku jarang keluar rumah kalo weekend.

Maklum, weekendku biasanya di habiskan dengan tidur nyenak seharian terkadang menulis cerita seperti ini untuk di bagikan pada kalian. Jadi vote dan share dong biar aku kalo di rumah semangat nulisnya dan tidak tidur seharian.

Ketika asik berjalan menelusuri jalanann summercon, Daniel terlihat sedang mencari seseorang.

"Niel, kenapa si gw lihat lo kaya lagi cari seseorang?" Tanyaku penasaran.

"Eh.. enggak gus" Jawab Daniel

"Danielll... Nielll.." Seorang wanita berpaikan olahraga berwarna pink abu, berteriak memanggil Daniel tidak jauh dengan posisi saat itu, dia berjalan mendekat menghampiri.

"Oh, ini Niel yang namanya Agus tuh?" ucap wanita tersebut, sambil menunjuk kepadaku

Daniel terlihat mengangguk tanpa berkata sepatah katapun, perasaanku mulai kesal saat itu. Mau apalagi ini anak ngenalin cewek terus, mau mempermalukan gw lagi di hadapan banyak orang. Najis, manusia kudaniel.


Bersambung..


Next Cerita Selanjutnya

*************

*Cerita ini merupakan berbentuk fiksi yang di adopsi dari berbagai sumber, mulai dari pengamatan, reserch, membaca, mendengarkan, dll. Bertujuan untuk menyajikan sebuah cerita yang relate dengan kehidupan nyata. Jika ada nama, tempat, maupun kejadian yang sama dengan isi cerita tersebut itu hanyalah sebuah kebetulan semata.

Cerita Rakyat Ande Ande Lumut dan Kleting Kuning

Cerita Rakyat Ande Ande Lumut dan Kleting Kuning

Ande Ande Lumut dan Kleting Kuning



GENMUGN.MY.ID
Tidak lama kemudian Yuyu Kangkang (Prabu Kelana Sewanggana) dan Kodak ljo (Patih Tamengdita) sampai di Desa Karang Kebagusan. Mereka hendak merebut Candra Ki,rana. Akan tetapi, mereka dapat dibunuh oleh Panji Asmara Bangun. Panji Asmara Bangun dan Candra Kirana kembali ke Kediri. Mereka kemudian dinikahkan dengan pesta yang sangat meriah.

"Putriku, Candra Kirana, engkau telah mengetahui niat jahat Raja Kelana Sewangganan. Oleh karena itu, segeralah engkau meninggalkan istana . Kediri. Menyama.rlah sebagai rakyat jelata sehingga engkau tidak dikenali oleh mata-mata dari Kerajaan Bandarangin," kata Raja Kediri sedih , "Ayah akan selalu berdoa semoga engkau mendapat perlindungan dari Tuhan ."

Permaisuri berkata sambil membelai rambut putrinya, "lbu juga akan selalu berdoa bersama ayahmu. Semoga engkau selalu mendapat perlindungan dari Tuhan ."

"Ananda menurut perintah Ayahanda dan lbunda," jawab Candra Kirana singkat.

Beberapa saat setelah kepergian Candra Kirana datanglah Patih Tamengdita, utusan Raja Kelana Sewanggana di istana . Kediri. Patih Tamengdita menyampaikan maksud kedatangannya ke Kediri , yaitu melamar Dewi Candra Kirana untuk rajanya.

Raja Kediri berkata, "Telah beberapa hari ini putriku Candra Kirana meninggalkan istana. Aku tidak tahu ke mana perginya. Jika rajamu tetap menginginkan putriku, suruhlah rajamu mencari Candra Kirana." 

Patih Tamengdita kembali ke Bandarangin menyampaikan berita itu kepada Prabu Kelana Sewanggana. Prabu Kelana Sewanggana kemudian mengajak Patih Tamengdita pergi ke Kediri menyamar sebagai tukang tambang (menyeberangkan orang) di Bengawan · Silugangga. Prabu Kelana Sewanggana berganti nama Yuyu Kangkang dan Patih Tamengdita berganti nama Kodok ljo.

 Panji Asmara Bangun juga telah mendengar berita bahwa Dewi Candra Kirana pergi dari istana. Ia sangat sedih karena ia tidak tahu ke mana Dewi Candra Kirana pergi. Panji Asmara Bangun kemudian mengajak kedua abdinya, Sabda Palon dan Naya Genggong mengembara hendak mencari Dewi Candra Kirana. Dalam pengembaraan itu PanJi Asmara Bangun berganti nama Ande-Ande Lumut. Sabda Palon berganti nama Bancak, dan Naya Genggong berganti nama Doyok. Mereka lalu menetap di desa Karang Kebulusan.

Dewi Candra Kirana menyamar menjadi rakyat biasa dan berganti nama Ragil Kuning. Ia tinggal di rumah Mbok Randa Dadapan. Mbok Rondo Dadapan tidak keberatan asalkan Ragil Kuning mau membantu memasak dan mencuci pakaian. Semenjak Ragil Kuning tinggal di rumah Mbok Rondo Dadapan rumah dan pekarangan Mbok Rondo Dadapan mejadi bersih. Mbok Rondo Dadapan sangat senang pada Ragil Kuning karena ia rajin bekerja dan tidak pernah mengeluh.

 "Seandainya keempat anak perempuanku semuanya seperti Ragil Kuning betapa senangnya hidupku," kata Mbok Rondo Dadapan sambil memperhatikan Ragil Kuning yang sedang menyapu halaman rumah, "Tingkah laku Ragil Kuning sangat sopan dan budi bahasanya sangat halus. Mungkinkah Ragil Kuning bukan dari rakyat kebanyakan?"

"Ragil Kuning," teriak Mbok Rondo Dadapan. 

Ragil Kuning pun segera menghampiri dan duduk di bangku panjang, di samping Mbok Rondo Dadapan.

 "Ada apa, Mbok?" tanya Ragil Kuning.

"Tidak ada apa-apa Nduk," · kata Mbok Rondo Dadapan , "Aku hanya sekadar ingin bertanya. Siapakah sebenarnya engkau ini? Aku perhatikan engkau sangat lain . dengan gadis-gadis di kampung ini. Siapakah engkau ini sebenarn ya?" kata Mbok Rondo Oadapan mengu1angi pertanyaannya.

"Baiklah aku berterus-terang, tetapi Si Mbok harus merahasiakan hal ini kepada orang lain. Termasuk kepada Kakak Kleting ljo. Kleting Abang, Kleting Ungu, dan Kleting lreng," kata Ragil Kuning

"Ya. aku berjanji akan tetap menjaga rahasiamu ." kata Mbok Rondo Dadapan.

Ragil Kuning kemudian berterus-terang kepada Mbok Ronda Dadapan tentang asal usulnya. Setelah mendengar penjelasan Ragil Kuning, Mbok Romdo Dadapan menyembah kepada Ragil Kuning.

"Jangan Si Mbok menyembahku. Angaplah aku sebagai anakmu sehingga penyamaranku tidak diketahui orang," kata Ragil Kuning. 

Mbok Ronda Dadapan semakin sayang kepada Ragil Kuning. Ragil Kuning pun tetap bekerja seperti biasa. Menyapu, memasak, dan mencuci. 

Berita mengenai di desa Karang Kebagusan ada seorang pemuda tampan bernama Ande-Ande Lumut telah sampai ke desa Dadapan. Keempat anak Mbok Rondo Dadapan ingin pergi ke desa itu hendak menggoda Ande Ande Lumut.

"Adikku Kleting Abang, Kleting Ungu, dan Kleting lreng . Marilah kita pergi ke desa Karang Kebagusan ." kata Kleting ljo pada suatu pagi. 

Keempat gadis itu sepakat hendak bertandang ke rumah Ande-Ande Lumut. Ragil Kuning ingin ikut. Akan tetapi , Kleting ljo marah, "Kalau akan pergi ke Karang Kebagusan pergi saja sendiri. Jangan bersama kami," katanya ketus.

Keempat gadis anak Mbok Rondo Dadapan pergi ke desa Karang Kebagusan. Untuk sampai ke desa Karang Kebagusan mereka harus menyeberangi Bengawan Silunganggo. Mereka tidak dapat berenang sehingga mencari tukang perahu.

"Hai , gadis-gadis cantik. Kalian akan ke mana?" tanya Yuyu Kangkang.

"Ya, akan ke mana?" sambung Kodok ljo.

"Paman, kami akan ke desa Karang Kebagusan. Tolonglah kami. Seberangkan ke sana," kata Kleting ljo genit.

"Aku mau menyeberangkan kalian asalkan kalian mau kucium," kata Kodok ljo.

Yuyu Kangkang pun mau akhirnya menyeberangkan keempat dengan upah cium. Selanjutnya, keempat gadis itu menuju ke rumah Ande-Ande Lumut dengan harapan diperistri oleh Ande-Ande Lumut. Akan tetapi, Ande-Ande Lumut tidak mau menerima keempat gadis itu karena keempat gadis itu tidak suci lagi.

Kleting Kuning tidak mau dicium oleh Yuyu Kangkang dan Kodok ljo sehingga ia tidak diseberangkan. Kleting · Kuning mengeluarkan senjatanya yang berupa lidi dan memukul air Bengawan Silugangga. Seketika itu air Bengawan kering dan Kleting Kuning dapat menyeberang. Sampai di Karang Kebagusan ia diterima oleh Ande Ande Lumut. Ande-Ande Lumut dan Kleting Kuning kemudian membuka jati dirinya.

"0, Dinda Candra Kirana," kata Panji Asmara Bangun.

 "Ya , Kakanda Panji Asmara Bangun," jawab Candra Kirana singkat.

Kedua sejoli itu saling berpelukan.

Tidak lama kemudian Yuyu Kangkang (Prabu Kelana Sewanggana) dan Kodak ljo (Patih Tamengdita) sampai di Desa Karang Kebagusan. Mereka hendak merebut Candra Ki,rana. Akan tetapi, mereka dapat dibunuh oleh Panji Asmara Bangun. Panji Asmara Bangun dan Candra Kirana kembali ke Kediri. Mereka kemudian dinikahkan dengan pesta yang sangat meriah.

Larangan Memukul Kentongan, Cerita Rakyat Jawa

Larangan Memukul Kentongan, Cerita Rakyat Jawa

Larangan Memukul Kentongan, Cerita Rakyat Jawa



GENMUGN.MY.ID
Udara sejuk daerah Tlogolele tiba-tiba berubah menjadi panas. Banyak penduduk desa yang kegerahan. Binatang-binatang pun banyak yang kepanasan. Kijang, menjangan, kera, harimau, ular, dan binatang lainnya keluar dari sarang. Mereka mencari tempat yang sejuk.

Baru saja Ki Jagabaya diberi tahu warganya yang baru pulang dari Pasar Sunggingan bahwa banyak binatang hutan yang turun dari gunung.

Ki Jagabaya terkejut.

"lni pertanda Gunung Merapi akan meletus," gumamnya

Perkiraan Ki Jagabaya tidak meleset. Tidak lama lalu terdengar suara gemuruh diikuti semburan asap tebal dari puncak . Gunung Merapi. Asap itu berbentuk seperti jamur barat yang besar sekali dan menjulang ke langit. Bersamaan dengan itu datang angin kencang menerjang desa Tlogolele. Ki Jagabaya segera memukul kentongan titir dengan maksud agar penduduk desa Tlogolele segera mengungsi. 

"Tong ... tong ... tong ... tong ... tong .. . tong ... tong .. . tong ... tong ... ," demikian suara kentongan titir itu.

Penduduk Tlogolele mendengar suara kentongan titir itu terkejut. Mereka gugup dan berhamburan keluar rumah tak tentu arahnya. Ada yang lari ke timur, barat, utara, dan selatan. Bahkan karena bingung dan gugup banyak penduduk yang terpeleset rriasuk ke dalam jurang. Banyaklah korban berjatuhan. 

"Tong ... tong ... tong .. . tong ... tong ... tong ... tong ... tong .. . tong .. . ," Ki Jagabaya memukul kentongan lagi sambil berteriak-teriak, "Wedus gembel 'kabut tebal yang sangat panas bentuknya seperti bulu kambing domba' datang .. . ! Wedus gembel datang ... ! Wedus gembel datang !"

Mendengar teriakan Ki Jagabaya itu penduduk Tlogolele semakin ketakutan. Tidak berapa lama bertiup angin sangat kencang diikuti · awan wedus gembel Tlogolele. Semua kehidupan yang terkena wedus gembel hangus menjadi abu atau melepuh. Banyak· orang dan binatang yang mati. Jerit dan tangis terdengar di manamana. 

Para perangkat desa dan sesepuh desa berkumpul di balai desa.

"Ki Lurah," kata Ki Jagabaya, "Banyak penduduk Tlogolele yang menjadi korban wedus gembel. Lima puluh orang meninggal , seratus orang luka parah, dan dua ratus luka ringan ."

Ki Lurah Tlogolele kelihatan.sangat sedih dan terpukul karena penduduknya tertimpa bencana. Ia mengusap air matanya lalu berkata, "Marilah kita rawat korban wedus gembel. Mereka yang sakit kita rawat bersama, sedangkan yang meninggal kita kubur secara baik-baik."

Para wanita yang terhindar dari bencana secara sukarela merawat korban yang terluka, sedangkan para lelaki menggali kubur untuk korban bencana yang meninggal. Upacara pemakaman dan pembacaan doa dipimpin oleh Ki Modin. 

Setelah upacara pemakaman selesai, Ki Lurah Telogolele dan bawahannya mengantarkan pulang Bapa Sepuh 'orang tua yang menjadi panutan' penduduk Tlogolele. Ia dapat berhubungan dengan para arwah nenek moyang penduduk Tlogolele. 

"Nak Mas Lurah," kata Bapa Sepuh begitu sampai di rumahnya, "aku ingin berkomunikasi dengan arwah para leluhur kita. Mudah-mudahan mereka memberi petunjuk sehingga malapetaka ini tidak terulang lagi." 

"Silakan, Bapa Sepuh," kata Ki Lurah dengan hormat.

Bapa Sepuh masuk ke tempat pemujaan. Ia bersemedi hendak berkomunikasi dengan arwah leluhur penduduk Tlogolele. Tidak lama kemudian datanglah arwah cikal bakal penduduk Tlogolele. 

"Cucuku, ada masalah apa?"

"Warga Tlogolele mohon petunjuk agar selamat dari bencana alam ini," pinta Bapa Sepuh.

"Cucuku, katakan kepada seluruh penduduk Tlogolele. Jika ada bahaya datang mereka tidak boleh ribut. Pikiran mereka harus tenang karena kalau ribut pasti akan banyak korban. Mulai hari ini penduduk Tlogolele tidak kuperbolehkan memukul kentongan. Bunyi kentongan titir itulah yang membuat penduduk Tlogolele gugup dan bingung."

"Kalau tidak boleh memukul kentongan, bagaimana cara memberi tahu penduduk jika ada bahaya? Dan, bagaimana pula cara menolak bahaya itu?" tanya Bapa Sepuh. 

"Jika bahaya itu datang, penduduk harus diberi tahu secara lisan dan tunjukkanlah mereka ke tempat pengungsian. Agar bahaya itu cepat berlalu, setiap penduduk harus membakar tempe serta menyalakan obor di depan rumahnya. Selain itu, Adakanlah kenduri sega gunung 'nasi tumpeng'."

Setelah selesai bersemedi Bapa Sepuh keluar dari tempat pemujaan. Ia melaporkan hasil semedinya kepada Ki Lurah di pendapa. Ki Lurah memberitahukan hal itu kepada penduduk Tlogolele. Para warga kemudian membuat sega gunung lalu dibawa ke rumah Ki Modin untuk dibacakan doa-doa.

Sampai sekarang penduduk Tlogolele masih mempercayai pantangan memukul kentongan. Mereka yakin jika tidak memukul kentongan wedus gembel tidak akan melanda desa Tlogolele.


Kepingan Bintang Yang Hilang - Kenangan

Kepingan Bintang Yang Hilang - Kenangan

Photo by Greg Rakozy on Unsplash





20 tahun telah berlalu, saat kau masih bersamaku. Semoga kau tenang di sisinya, purnamasari.

Hari-hariku sepi, semenjak kau tiada. Kenangan dalam rumah terasa begitu nyata. Selalu terbayang olehku, kau duduk dikursi tunggal dekat pintu, sembari menekuk kakimu keatas, ketika aku masuk ke rumah.

Kau selalu menyambutku dengan hangat sepulang kerja, tidak lupa selalu tersaji teh hangat di atas meja yang terbuat dari kayu jati tersebut.

Sungguh kau istri yang pengertian, hingga saat ini aku belum terpikir untuk mencari penggantimu, purnamasari.

Namamu selalu terucap oleh bibir ini di setiap do'a, semoga kau tenang disisinya.

Aku masih terikat oleh bayangmu, rasa salah dan dosaku tak bisa hilang begitu saja. Maaf, aku bukan suami yang baik untukmu, aku tidak bisa menjagamu dengan baik.

Sudah dulu ya, aku baru ingat hari ini harus ke kantor. Aku pamit pergi ke kantor dulu sekarang, ada jadwal bertemu dengan para calon pegawai baru hari ini. Maaf, tidak bisa menemanimu di rumah seperti biasa.

Aku tidak kuasa mengenangmu begitu dalam, setiap sudut ruang selalu terbayang olehmu. Doakan aku, supaya mendapatkan pegawai yang sesuai.

**

Hallo, purnamasari. Semoga kau mendengar keluh kesahku saat ini.

Seperti halnya dahulu kala, saat kau masih disini mendampingi. Mungkin, kita sudah berbeda alam. Aku harap kau mendengarku.

Hari yang melelahkan buatku purnamasari, cape rasanya harus mewawancarai orang satu persatu. Jika kamu masih ada, mungkin aku bagi denganmu. Biar kamu merasakan seperti apa, tidak hanya diam menertawakanku ketika sedang cape pulang kerja.

Dari 20 orang yang hadir aku sudah memilih 3 orang kandidat yang sesuai, 2 orang pria dan 1 orang perempuan.

Entah kenapa orang-orang pada jaman sekarang susah sekali untuk serius. Taukah purnamasari, dari 200 email yang aku kirim hanya 20 orang yang hadir. Miris rasanya!

Mungkin 3 orang tersebut merupakan kandidat yang tebaik, mulai dari keseriusan, disiplin waktu, dan loyalitas yang tinggi.

Namun aku bingung purnamasari, harus memilih siapa. 3 orang kandidat tersebut sangatlah seimbang dalam segalanya. Andai kau masih ada, mungkin aku akan minta pendapat kepadamu purnamasari. Seperti hal biasanya, aku selalu meminta pendapatmu ketika sedang bingung dan tidak tau harus berbuat apa. Tapi semua itu kini tinggal Kenangan.

Kepingan Bintang Yang Hilang -  Tak Seimbang

Kepingan Bintang Yang Hilang - Tak Seimbang


Terlalu bodoh untukku purnamasari, melepas bintang yang telah kamu beri kepadaku, bintang yang selama ini menerangi hari-hariku, menemani setiap detik dalam hidupku, bintang yang aku perjuangkan dari setiap orang yang menginginkannya. Ingatkah purnamasari? Ketika aku memperjuangkan bintang yang indah itu, aku harus bersaing dengan polisi, tentara, brimob, dan warga di sekitar kampungmu.

Hingga aku ditertawakan oleh orang-orang itu “Hahahaha… Pulang saja wahai anak muda, bintang itu sulit bagimu, tak mungkin bisa mendapatkannya”.

Mendengar itu aku merasa tak berdaya dan tidak punya nyali untuk memperjuangkannya, namun kamu selalu mengingatkan bahwa bintang itu bisa didapatkan oleh siapapun, tidak perlu ada pangkat maupun derajat yang tinggi untuk mendapatkannya.

Terinjak dan terhempas tubuh ini mengejar bintang itu, sempat sedikit lagi aku dapatkan namun polisi itu mengeluarkan pistolnya dan menembakkan peluru panas ke arah kaki kananku.

Bluggg.. Aku terjatuh seraya menahan rasa sakit. Aku berusaha berdiri untuk mengejar bintang tersebut namun datang tentara itu dari belakang sehingga menginjakku dengan sepatu boot besarnya hingga aku terjatuh kembali. Tetapi aku terus berusaha berdiri untuk mengejar bintang itu purnamasari, percobaan yang pertama aku gagal, begitupun dengan yang kedua. Setelah sekian lama mencoba akhirnya aku bisa berdiri. Namun naas purnamasari, aku tidak melihat mobil brimob tersebut melaju kencang di belakangku sehingga menghempaskan tubuh ini sangat jauh ke dalam lembah yang gelap dan sangat lembab sehingga untuk bernapas pun sangat sulit bagiku.

Terdengar suara warga sekitar kampungmu yang mengejar bintang, aku berusaha meminta tolong. Aku berteriak sekeras mungkin, namun tak didengar. Warga itu hanya melintas sekejap mata, seperti cahaya kilat yang melintas begitu cepat.

Aku hanya sanggup terdiam purnamasari, lembah itu membuatku tak berdaya hingga memecahkan syarap sadarku. Semua yang aku rasakan, lihat dan dengar seketika hilang. Tiba-tiba muncul cahaya kilat petir datang, Serta muncul seorang wanita yang sedang gelisah menyaksikan perjuangan para pengejar bintang. Aku tak tau wanita tersebut siapa purnamasari karena wajahnya tidak tampak jelas, lalu wanita itu berdo’a dan memohon pada tuhan
“Semoga… (wanita itu memanggil namaku) bisa medapatkan bintang tersebut, ya tuhan”.
“Ada apa ini? Kenapa wanita tersebut memanggil namaku dalam do’anya?” ujarku
Aku bingung saat itu purnamasari, menyaksikan apa yang aku lihat dan aku dengar. Kilat petir itu pun datang kembali, dan kamu tau apa yang aku lihat purnamasari? Ternyata wanita tersebut kamu, iya kamu purnamasari. Tak percaya tadinya namun itu memang kamu, kilat yang kedua memperjelas muka dari sosok wanita tersebut.

Kejadian itu membuatku tersadar purnamasari, dan terheran-heran karena tubuhku sudah tak di dalam lembah itu. Ternyata semut-semut itu menolongku seketika aku tak sadarkan diri, membawa tubuh ini dari dalam lembah, bukan hanya itu purnamasari semut-semut itu juga mengobatiku sehingga aku bisa berjalan normal kembali. Semua luka dalam tubuhku sudah tak berbekas, semuanya hilang.
“Cepat.. kejar bintangnya, itu ditakdirkan untukmu” ucap semut itu purnamasari

Kemudian aku bergegas kembali dan berlari kencang untuk mengejar bintang itu purnamasari, energi baru, semangat baru, harapan baru muncul seketika setelah semua kejadian itu terjadi. Tak terasa aku mulai mengejar warga sekitar kampungmu, brimob, tentara, dan polisi itu yang sudah jauh di depan. Kini semakin dekat dengan bintang itu purnamasari, hingga akhirnya di sebuah belokan aku mendapatkannya. Aku tangkap dan aku pegang dengan erat agar tak terlepas kembali, sambil berlari ke rumahmu, aku masukan bintang itu ke dalam saku agar tak terlihat oleh yang lainnya.
Ternyata polisi itu melihatnya “Dia mendapatkannya – mendapatkanya”.

Semuanya mulai kacau purnamasari, polisi, tentara, brimob, dan warga di sekitar kampungmu saling bekerja sama untuk mengejarku. Suasana seperti perang dunia ke-dua yang aku rasakan, banyak senapan, tank baja, pesawat tempur, mobil perang dan warga yang membawa bambu runcing. Sehingga tak memungkinkanku untuk terus berlari, hingga aku stopkan mobil yang sedang melaju dengan paksa lalu aku ambil alih. Dengan mobil itu aku bisa sampai ke rumahmu dengan selamat.

Terlihat senyum manismu telah menunggu di depan rumah, dengan sapa hangat tertuju padaku. Disinilah purnamasari, awal cerita aku dan kamu dimulai. Disaaat kamu menerimaku dalam hidup, menemani setiap harimu, dalam ruang dan waktu. Hari-hariku sungguh berbeda setelah kehadiranmu, kamu menyemangati hidupku.

Tiga bulan sudah berlalu, kabar gembira aku dengar darimu. Akhirnya kamu mengandung anak dari buah hasilku, oh purnamasari sungguh bahagia hatiku mendengar kabar tersebut. Untuk merayakannya aku mengajakmu berlibur ke luar negeri, pergi mengelilingi dunia, berkunjung ke negara-negara yang kamu inginkan. Salah satunya ialah prancis, negara yang terkenal dengan menara eifelnya. Iya, kamu selalu menginginkan datang kesana dan mengunjungi kota paris untuk berfoto di menara eifel. Ketika berkunjung kesana terlihat gembira serta tak sabar untuk langsung menuju kota paris, kota yang terkenal dengan menara yang menjulang ke langit.

Kejadian yang tak terduga menimpamu, ketika sedang asik berfoto di bawah menara eifel sebuah peluru menyasar tepat ke perutmu. Terlihat polisi yang patah hati mengarahkan senapan ke arahmu. Aku seperti tersambar petir, melihatmu. Tak ada yang bisa dilakukan, hanya sanggup terdiam tak berdaya dengan apa yang aku lihat.
“Ini balasanku atas sakit hati” ucap polisi itu

Ambulan pun berdatangan dengan suaranya yang khas, namun di perjalanan ke rumah sakit kamu menghembuskan nafas terakhir dengan senyuman di bibir, begitu juga dengan buah hati yang ada di perutmu tak bisa diselamatkan sama sekali. Semuanya hilang dalam hidupku.

Aku harus bagaimana berjalan tanpa kamu purnamasari, andai aku diberi kesempatan untuk memelukmu sekali lagi. Akan aku jaga dirimu di sisiku, tidak akan aku biarkan orang lain menyakitimu. Kini aku tak seimbang tanpamu purnamasari. Hari-hariku kini tak tentu arah purnamasari, tak ada arah tujuan untuk hidupku, harus bagaimana aku tanpamu, aku tak berdaya.

Aku berdo’a setiap malam dengan do’a yang sama:
“Ya.. tuhan apa salahku? sehingga engkau mengambilnya”.
“Ya.. tuhan kenapa kamu mengambilnya”.
“Ya.. tuhan aku tidak bisa tanpanya”.
“Ya.. tuhan harus bagaimana tanpanya?”.
“Ya.. tuhan kembalikan, yang selama ini menemaniku”.
“Ya.. tuhan bagaimana hidupku tanpanya?”

Ditengah do’aku muncul cahaya yang sangat terang. Tuhan pun menjawab do’aku
“Lanjutkan hidupmu, beribadah dengan giat, berdo’a selalu untuknya”
“Ikhlaskanlah, lapangkan dadamu, bintangmu telah tenang di sini”.
“Jangan kamu khawatirkan bintangmu, karena sudah dijaga di sini”.

Mendengar jawaban itu aku mulai tenang purnamasari, hari-hariku mulai kembali seperti biasa. Pergi bekerja ke perusahaan yang aku dan kamu rintis dari bawah, perusahaan desain grafis yang bernama BintangArt Design. Perusahaan yang hampir bangkrut ketika aku terpuruk saat kamu meninggalkanku, perusahaan yang akan memakan korban satu ribu dua ratus lima puluh ribu karyawan jika bangkrut, dan menjadi satu ribu dua ratus lima puluh ribu pengangguran baru di negeri ini.

Kini aku bangkit dari keterpurukan itu, karena aku tau kamu sudah tenang di sana, sudah terjaga dengan baik. Saatnya aku menjaga kenanganmu yang masih ada, dan membesarkannya hingga terkenal ke negeri-negeri yang kamu inginkan.

Sedikit demi sedikit perusahaan itu mulai normal kembali, di tahun ke sepuluh baru mendapatkan kesuksesan yang diharapkan. Kini aku sudah bekerjasama dengan negara-negara besar purnamasari, dan perusahaan yang kita rintis sekarang sudah memiliki cabang-cabang di setiap negara besar di dunia.

Kegiatanku sekarang berkeliling dunia purnamasari, bukan untuk berkunjung atau berlibur namun untuk urusan pekerjaan. Karena aku harus mengontrol cabang-cabang perusahaan yang aku dan kamu rintis purnamasari. Ketika aku ke suatu negara bertemu dengan polisi yang menembakmu purnamasari, sekarang polisi tersebut sengsara purnamasari, hidupnya di jalanan, bajunya sangat kumuh, dan bau.

Polisi itu meminta maaf kepadaku purnamasari,
“Wahai pemuda.. Maafkan diri ini yang telah merenggut kebahagianmu, membunuh wanita yang kamu cintai, bintang yang kamu perjuangkan dari orang-orang yang menginginkannya”
“Ada apa dengan pak polisi, apa yang terjadi sehingga bapak seperti ini?”. Tanyaku purnamasari
“Mungkin ini azabku, yang telah merenggut kebahagian orang lain. Wahai pemuda”. Jawabnya
“Lalu apa yang terjadi?”. Tanyaku lagi purnamasari
“Setelah kejadian penembakan, banyak yang mengejar dan ingin menangkapku, wahai pemuda. Hingga akhirnya tak bisa berkutik lagi, ditahan selama sepuhuh tahun, dipecat dari kepolisian, dan semua kekayaanku disita oleh bank dan berakhir ada di sini, hidup di jalanan, tidur dimana saja, makan dari bekas orang lain terkadang memungut di tempat sampah”. Jawabnya

Sakit memang hati ini mengingat kejadian itu purnamasari, jika boleh aku ingin membunuhnya waktu bertemu denganku. Tapi melihat keadaanya yang seperti itu, pantaskah aku membunuhnya. Membunuh orang yang tak berdaya, orang tidak punya kekuatan. Sama saja aku seperti binatang yang tidak punya rasa kemanusiaan, disaat tidak berdaya lalu membunuhnya. Aku tidak seperti itu purnamasari, aku masih mempunyai rasa kemanusiaan dan rasa kasihan terhadapnya. Walaupun itu semua tak seimbang.

Tips Interview Agar di Terima Kerja, Menurut Mirna Astari People And Culture Halofina

Tips Interview Agar di Terima Kerja, Menurut Mirna Astari People And Culture Halofina


Hallo warganet, apa kabar setelah lama terus dirumah aja? Semoga baik dan sehat selalu ya. Amin

Kesempatan kali ini saya akan berbagi rangkuman ilmu yang saya dapat ketika mengikuti live webinar dari Ibu Mirna Astari, People and Culture Halofina yang diadakan oleh Grup Facebook Bimbingan Karir Skill Academy by Ruang Guru dengan tema bahasan "Tips Interview Agar Diterima Kerja" 😱


Oke langsung saja ke rangkuman pembahasannya!

1. APA ITU INTERVIEW?
Interview merupakan salah satu instrumen dalam tahapan seleksi calon pegawai, yang dimana biasanya dua belah pihak (calon pegawai dan perusahaan) melakukan pertemuan secara formal.

Namun, sekarang ini ada juga beberapa perusahaan yang melakukannya secara casual. Semisal, sambil makan siang ataupun yang lainnya.

Tentunya, tahapan interview ini memiliki maksud dan tujuan dong. Seperti halnya mencari jodoh, perusahaan dan calon pegawai harus memiliki kecocokan terlebih dahulu. Adapun tujuan dari interview tersebut ialah sebagai berikut;

2. TUJUAN INTERVIEW
Interview bisa juga dikatakan untuk mencari kecocokan dari dua belah pihak, seperti halnya.
▪️Untuk mengetahui karakter calon pegawai secara langsung, mulai dari sisi keahlian hingga kepribadiannya.
▪️Selain itu, bisa juga untuk menilai kesesuaian keahlian dan kemampuan calon pegawai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah, setelah mengetahui apa itu interview dan tujuannya. Yuk! Lanjut bacanya.

Ada baiknya sebelum melakukan interview, kita sebagai calon pegawai harus melakukan persiapan terlebih dahulu.

3. PERSIAPAN INTERVIEW
Adapun persiapan interview tersebut dibagi menjadi 3 bagian; Sebelum Interview, Saat Interview, dan Setelah Interview.

3.1.  Sebelum Interview (Before)
Sebelum melakukan interview ada baiknya kita mempersiapkan hal-hal seperti :
▪️Mencari informasi tentang perusahaan yang dilamar, termasuk halnya deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan.
▪️Persiapkan jawaban dengan metode STAR (Situation, Task, Action & Result) untuk menjawab pertanyaan yang diucapkan.
▪️Persiapkan pertanyaan untuk pewawancara, agar tidak bingung ketika ada kesempatan untuk bertanya.
▪️Siapkan baju yang tepat, sesuai dengan perusahaan ataupun instansi yang dilamar.
▪️Siapkan aplikasi dan kuota internet (jika interview dilakukan secara online).
▪️Yang harus diperhatikan, jangan terlambat!


3.2.  Saat Interview Berlangsung (During)
Saat melakukan interview kita harus memperhatikan hal-hal seperti :
▪️Rileks.
▪️Posisi duduk tegak dan nyaman.
▪️Senyumlah secukupnya, jangan berlebihan ataupun tidak sama sekali.  
▪️Saling menghormati dan menghargai.  
▪️Perlihatkan antusiasmu terhadap pekerjaan yang sedang dilamar.
▪️Jawab pertanyaan dengan ringkas namun lengkap.

3.3. Setelah Interview (After)
Setelah melakukan interview ada baiknya kita melakukan hal-hal seperti :
▪️Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan.
▪️Bertanya kabar kelulusan dari hasil interview minimal 2 minggu sekali, bisa melalui email maupun kontak yang tersedia. Jika sudah 1 bulan tidak ada kabar, mungkin perusahaan sudah ada kandidat lain.

4. DO &  DON'T (APA YANG HARUS DAN TIDAK BOLEH DILAKUKAN KETIKA INTERVIEW)

4.1. DO (HARUS DILAKUKAN)
▪️Menggunkan bahasa tubuh yang sopan dan formal.
▪️Melakukan eye-contact.
▪️Menjawab langsung ke pertanyaan.
▪️Dandan seperlunya.

4.2. DON'T (TIDAK BOLEH DILAKUKAN)
▪️Memotong pembicaraan.
▪️Jangan menjawab dengan berbelit 
belit.
▪️Terlambat.
▪️Berbohong / memalsukan informasi / sombong.
▪️Berbicara buruk mengenai tempat 
kerja atau atasan sebelumnya.
▪️Main ponsel ketika interview.
▪️Bertanya tentang gaji dan manfaat sebelum offering.

5. SPECIAL TIPS INTERVIEW
▪️Jujur, apa adanya saja.
▪️Jangan samakan interviewer seperti calon mertua, orang tua, atau teman ketika menjawab pertanyaan.
▪️Senyum secukupnya.
▪️Be a storyteller.
▪️Bisa ulang pertanyaan sambil berpikir jawabannya.


Mungkin, itulah rangkuman yang bisa saya bagikan, terdapat sebuah kutipan menarik dalam sesi webinar bersama Ibu Mirna Astari.

"Preparation is key for giving yourself the best chance of getting hire."

Ya! Persiapan merupakan sebuah kunci, selain mulai mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan kita juga harus bersiap menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru setelah new normal diberlakukan.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung. ☺️

Dua Malam Yang Mencekam Seorang Lelaki | Part 1

Dua Malam Yang Mencekam Seorang Lelaki | Part 1


Baru kemarin gue lepas dari malam - malam yang mencekam. Sekarang, setelah seharian lelah mengurusi semua berkas dikantor, sudah harus mempersiapkan mental laki ini lagi. Entah sampai kapan Ini akan menimpa gue, sudah hampir sepekan kejadian ini menghantui.

Pernah suatu ketika gue berpikir, untuk pindah tempat tinggal dan kos di tempat lain. Namun semua rencana itu sirna, gaji sebagai tukang beresin berkas seperti gue tak cukup untuk pindah ke tempat lain. Ya, gue cuma bisa tinggal disebuah kos-kosan berukuran 2 x 1. Dimana sebuah kamar mandi bisa dipakai bersama oleh semua orang, hebat bukan. Mungkin, kalian yang baca cerita ini bertanya-tanya kenapa gue bisa sampai disini.

Jadi awalnya gini, setelah lulus kuliah disuatu universitas ternama di Kota Tahu Sumedang. Gue sebenarnya bingung, harus berbuat apa setelah wisuda nanti, berangkat kuliah, nongkrong di kantin, masuk matkul, tidur ketika dosen membosankan. Yang dimana empat tahun yang indah untuk mengejar sebuah nama tambahan SE dibelakang nama. Dan, sekarang semua itu sudah hilang.

Sekarang hanya sebuah kehidupan yang terus berputar, mulai dari makan, tidur, dan yang lainnya sekedar stalking akun sosial media sosok yang pernah singgah dalam hati gue.

***

Suatu malam, ketika sedang asik menelusuri platform jejaring sosial media. Entah kenapa, ada yang membuat gue merasa sedih. Layar berukuran 2,1 inchis dengan 130 ppi pixel density milik Nokia 6600 berwarna hitam, berhasil memperlihatkan sebuah foto undangan pernikahan dengan motif bunga berwarna coklat yang terdapat sebuah nama yang tidak asing bagi gue.

Ya, mantan gue yang sebentar lagi mau nikah. Dia sudah menemukan pasangan hidup setelah gue. Bukan setelah gue juga sih. Diketahui dia pernah menjalin kasih dengan beberapa pria yang dijumpai sebelumnya, hingga akhirnya menentukan pilihan dengan anak bapak kades tetangga kampungnya.

Saat itu sebenarnya biasa saja, namun hujan lebat disertai angin besar dan suara petir yang dasyat, seperti mewakili perasaan gue.

"Aaaaaaaaaaaaaaakkk...kk..k..," Hati gue tersambar petir, dan tidak percaya apa yang baru saja dilihat oleh indera penglihatan ini. Sang mata bahkan sempat mencoba keluar untuk memastikan kebenarannya, akan tetapi semakin ia keluar semakin sakit rasanya. Tanpa disadari sebuah cairan pun keluar dari mata dan mengalir. Untuk pertama kalinya, dimalam yang hujan lebat disertai suara petir yang menggelegar gue tertidur lelap.

****

Oke! Gue sekarang akan mulai menceritakan semuanya, lupakan kejadian pada malam itu. Anggap saja ada setan masuk pada tubuh gue sehingga tidak seperti biasanya. Sebenarnya yang menyebabkan gue terdampar di tempat ini tidak lain hanya kebetulan dan tidak terduga.

Sebelum postingan undangan itu, gue telah melihat lowongan pekerjaan sebagai sales marketing di sebuah perusahaan financelindo (bukan nama perusahaan sebenarnya) di Jakarta Pusat. Gue nekad pergi dengan uang seadanya ke Ibu Kota dengan menaiki elf dan di lanjutkan dengan metromini, sampai lah di sebuah gedung ruko perkantoran sesuai dengan alamat yang gue dapat.

Gue masuk kedalam gedung,  resepsionis yang memiliki paras yang cantik dengan lesung dipipiny, dan mata yang sipit menanyakan mau ketemu siapa dan keperluan apa.

Lantas, gue memberitahukan apa tujuan raga ini dengan senang hati.  Tidak berselang lama,  terjadilah sebuah introgasi yang mengulik tentang apa yang gue bisa dan apa saja yang sudah dilakukan selama ini.

Sebenarnya gue agak canggung ketika di introgasi lebih jauh mengenai raga ini, yang dimana itu hanya membangkitkan sebuah kenangan yang belum usai.

****

Selepas itu, perasaan gue bingung. Berada disuatu wilayah yang belum pernah gue kunjungi terasa asing dan sunyi, tidak ada lawan bicara yang bisa berbagi cerita.

Gue yang sedang berjalan ditrotoar jalan sembari menuliskan cerita ini pada ponel Nokia 6600, sontak terkejut. 

"Aduhhhh.. " Gue tidak sengaja menabrak seseorang. 

Ya, gue terlalu fokus saat itu menulis tulisan yang sedang kalian baca saat ini. Sehingga tidak melihat sosok seorang wanita didepan gue.


BERSAMBUNG... 
TUNGGU KELANJUTANNY! 
Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Tradisional

Bekas luka memang merupakan hal yang paling ditakutkan hampir oleh kebanyakan orang, tak terkecuali wanita. Apalagi bekas luka tersebut meninggalkan bekas berwarna hitam, akan merusak penampilan bukan jika bekas lukanya di area yang terlihat seperti tangan dan kaki.

Jika anda termasuk merupakan orang yang mempunyai bekas luka yang diakibatkan ketika jatuh, tergores benda tajam, atau luka bakar yang meninggalkan bekas berwarna hitam.

Simak tips menghilangkan bekas luka berikut ini :

1. Menggunakan pelepah kelapa atau nyiur
Ambil pelepah kelapa atau nyiur yang masih basah kemudian bakar hingga menghasilkan buih.
Ambil buih tersebut untuk dioleskan  pada bekas luka anda seminggu sekali. Niscaya bekas luka tersebut menghilang.

2. Menggunakan daun kapuk
Daun kapuk ditumbuk hingga halus, setelah itu ambil dan gosokan pada bekas luka secara rutin sebelum mandi pakai sabun.

3. Menggunakan ampas kelapa, kopi dan kuning telur
Ambil ampas kelapa, ampas kopi, dan kuning telur. Campur dan aduk ketiganya hingga merata menjadi satu.

Kemudian gunakan, dengan cara mengoleskan pada bekas luka setiap akan tidur.
Berikut merupakan tips menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat dan berguna bagi banyak orang. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung.  Enjoyyy!
Formula Resep Ayam Goreng Bawang, Rasanya Enak, Renyah, Gurih dan Lezat

Formula Resep Ayam Goreng Bawang, Rasanya Enak, Renyah, Gurih dan Lezat

Ayam goreng merupakan makanan favorit hampir setiap orang. Tentunya bagi penikmat olahan ayam yang satu ini wajib sekali untuk di coba. 

Yang dimana olahan si ayam direndam dengan bawang hingga aromanya sangat gurih, lalu dilapisi tepung terus digoreng hingga renyah. Santap selagi hangat dengan saus cabai, sambal Bangkok atau saus asam manis. 

Oke! Langsung saja berikut merupakan formula resep ayam goreng bawang, rasanya enak, renyah, gurih dan lezat. 

Bahan: 
500g daging ayam tanpa tulang, potong-potong.
Minyak goreng. 

Bumbu Perendam, aduk rata: 
3 siung bawang putih, parut. 
3 butir bawang merah, parut. 
1 sdm kecap asin.  
½ sdt merica bubuk. 
1 sdt garam. 
 
Tepung Bumbu, aduk rata :
100 g tepung terigu. 
50 g tepung beras. 
1 sdm tepung maizena. 
1 sdt merica hitam bubuk. 
1 sdt bawang putih bubuk. 
½ sdt garam. 

Cara membuat :
1. Aduk potongan ayam dengan Bumbu Perendam hingga rata. Diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap. 
2. Gulingkan potongan ayam berbumbu ke dalam campuran Tepung Bumbu hingga rata. 
3. Goreng dalam minyak banyak di atas api sedang hingga kuning kecokelatan. dan kering. 
4. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat. Untuk 4 orang.
Kumpulan Kata - Kata Cinta, Asmara, Wanita dan Mutiara Tahun 2020

Kumpulan Kata - Kata Cinta, Asmara, Wanita dan Mutiara Tahun 2020


GENMUGN.MY.ID, BUCIN - Kata demi kata yang terurai akan sangat berarti dan bermakna, seperti halnya dengan cinta. Banyak definisi cinta yang terungkap. Namun, tidak ada yang pasti apa itu cinta sebenarnya.

Sebuah kumpulan kata-kata cinta pun terhimpun dan mencoba memecah setiap kata, apa itu cinta? Mari kita simak kata-kata cinta dan sedikit kata-kata mutiara.

Berikut merupakan Kumpulan Kata - Kata Cinta, Asmara, Wanita dan Mutiara Tahun 2020

"Bagi lelaki menerima sama dengan memberi, bagi wanita menerima sama dengan mendapat"

"Cinta asmara akan merayap dimana air tak dapat merembes"

"Betapapun bijaksananya mereka, tetapi menjadi tolol di kala bercinta"

"Cinta pertama mempesonakan karena tidak disadari bahwa itu suatu kali bisa berakhir"

"Cinta adalah penyakit yang penuh derita menolak segala obat"

"Cinta tidak dapar diuji dengan ciuman, tetapi perasaan halus adalah sebagai pengujinya"

"Cintailah kekasihmu selamanya, namun tuhan jualah yang harus menumpahkan rasa kasih dan cintamu selama hidup dan mati"

"Cinta itu laksana peperangan, mudah sekali memulainya tetapi sulit diakhiri"

"Cinta adalah gairah antara dua gumpalan daging yang akan bertemu"

"Cinta adalah pemberian, pemberian yabg tiada putus dari hati sendiri"

"Cinta yang tak pernah luntur adalah cinta ibu kepada anaknya"

"Asmara dan ashma tak dapat disembunyikan"

"Cinta sejati seorang wanita, memberi sayap pada laki-laki, cinta yang palsu memberi belenggu"

"Cinta wanita itu dapat diibaratkan dengan sebuah taksi, selalu tersedia tempat buat pria yang pertama kali datang"

"Patah hati adalah penyakit cinta yang susah obatnya"

"Patah bercinta bagi wanita adalah kehancuran, patah bercinta bagi laki-laki adalah pengalaman"

"Lebih baik patah bercinta dari pada tidak pernah mengalaminya sama sekali"

"Wanita dan musik jangan di beri tanggal"

"Wanita mempunyai tiga macam air mata, air mata kesedihan, air mata ketidak sabaran, dan air mata kebohongan"

"Sebagian besar gadis lebih suka kelihatan cantik dari pada cerdik, sebab sebagian besar kaum pria lebih pandai melihat dari pada berpikir"

"Umumnya, wanita suka sipuji"

"Apa yang indah itu baik, dan apa yang baik itu pasti akan indah"

"Adalah lebih mudah bersifat kritis daripada bertindak benar"

"Ada buku yang harus dinikmati, ada yang harus ditelan, dan ada beberapa uang mesti dikunyah dan dicernakan"

"Apabila orang tidak memimpin diri sendiri maka tak dapat pula ia memimpin orang lain"

"Apabila kau mengalami kegagalan jangan kau terus berputus asa. Akan tetapi gubakanlah kegagalan itu untuk terus menyalakan api semangat juangmu demi lekas tercapai cita-citamu yang luhur"

"Ada empat jenis manusia:
1. Orang yang tidak tahu, dan tidak tahu bahwa ia tidak tahu, ia adalah orang tolol.  Jauhilah ia.
2. Orang yang tidak tahu dan ia tahu bahwa ia tidak tahu, ia adalah orang bersahaja dan sadar. Ajarilah ia.
3. Orang yang tahu, dan tidak tahu bahwa ia tahu, orang itu tidur. Bangunkanlah ia.
4. Orang yang tahu, dan ia tahu bahwa ia tahu. Orang itu adalah bijaksana. Ikutilah ia. "

"Ambillah tempat yang menjadi hakmu dan bersikaplah sesuai dengan tempat yang anda duduki itu, maka semua orang akan rela" 

"Apa yang menyakiti hatimu janganlah engkau perbuat terhadap orang lain"

"Berlatih terus menerus akan mencapai kesempurnaan"

Itulah merupakan Kumpulan Kata - Kata Cinta, Asmara, Wanita dan Mutiara Tahun 2020. Jadi apakah sudah bisa menyimpulkan apa itu cinta? Jika belum, begitulah hakikatnya cinta, misterius dan tidak dapat diuraikan. 
Drama Korea Crash Landing On You (사라이 불시착) Cinta di Perbatasan

Drama Korea Crash Landing On You (사라이 불시착) Cinta di Perbatasan


GENMUGN.MY.ID
 - Cinta lintas negara memang kerap kali menjadi satu kisah yang menarik. Cinta tak memandang perbedaan bangsa, budaya dan adat istiadat. Meski sulit, yakin pasti ada jalan!

Begitu juga dengan Yoon Se Ri (Diperankan oleh Son Ye Jin) dan Ri Jeong Hyeok (Diperankan oleh Hyun Bin). Seorang Konglomerat Korea Selatan dan Tentara Pasukan Khusus Korea Utara. Kisah cinta lintas negara yang orang lain yakini akan mendapat akhir yang memilukan.

Semua berawal dari Yoon Seri yang melakukan paralayang untuk pengujian salah satu produk yang akan diluncurkan oleh perusahaan miliknya, Seri's Choice. Awalnya semua baik baik saja, Sampai sebuah badai datang dan membuatnya terbang jauh dan mendarat di Area Demiliterisasi Garis Batas Korea Utara, tepatnya di pangkuan Kapten Pasukan Khusus, Ri Jeong Hyeok. Tapi itu awalnya. Hatinya juga menyusul jatuh pada Jeong Hyeok. Kalau hanya tubuhnya, drama ini takkan menarik bukan?

Jatuh ke pangkuan Ri Jeong Hyeok, Kabur dan berakhir di rumah Ri Jeong Hyeok sampai pertemuan pertama mereka di Swiss, Apa yang mereka anggap kebetulan pada awalnya ternyata adalah rangkaian takdir yang tak mereka sadari.

Yoon Seri, dengan pesonanya membuat Ri Jeong Hyeok ingin memiliki hari esok untuk hidup.
Sumber : Pinterest/Crash Landing on You
Setelah sebelumnya sukses di film The Negotiation, Ratu romansa klasik, Son Ye Jin dan Hyun Bin kembali beradu akting di drama Crash Landing on You. Mungkin tentara dingin berwajah tampan akan menjadi tipe ideal beberapa penonton yang terlalu hanyut pada drama ini.

Writernim berhasil membuat dunia para penonton jungkir balik oleh plot nya. Sepertinya menyimak kisah Yoon Seri dan Ri Jeong Hyeok sampai mereka menua pun takan membosankan.

Second Couple dalam drama ini, Seo Dan (Diperankan Seo Ji Hye) dan Gu Seung Joon (Diperankan Kim Jung Hyun) berhasil menarik perhatian para penonton juga. Gu Seung Joon adalah seorang pengusaha muda dan kaya yang dijodohkan dengan Yoon Seri oleh Kakak Seri namun gagal. Ia lalu menggelapkan uang perusahaan ayah Seri dan kabur ke Korea Utara. Di Korea Utara, ia bertemu Seo Dan, seorang perempuan cantik yang merupakan tunangan dari Ri Jeong Hyeok.
Sumber : Pinterest/Crash Landing on You
Namun, cinta mereka tak terbalas. Menyakitkan memang. Tapi kabar baiknya, kegagalan cinta mereka berdua pada pasangan masing masing, tak menjadikan penghalang bagi cinta untuk tumbuh diantara mereka.

Selain menghadirkan keromantisan yang membuat penonton jomblo usap dada, banyak adegan action yang membuat tangan kita ikut ikutan pengen mukul. Apalagi dengan kehadiran Jo Cheol Gang (Diperankan Oh Man Seok), Salah satu perwira yang juga atasan Ri Jeong Hyeok. Ia begitu ingin menjatuhkan Ri Jeong Hyeok dan keluarganya.

Berpindah ke Korea Selatan, Kedua kakak Yoon Seri, Yoon Sejoon (Diperankan Choi Dae-hoon) dan Yoon Sehyung (Diperankan Park Hyung Soo) juga tak kalah menyebalkan. Mereka sibuk memperebutkan perusahaan yang sebenarnya sudah diberikan pada Yoon Seri. Dan itu dengan segala cara! Bahkan Sehyung hampir membunuh Seri.

Beberapa karakter pendukung juga memberikan kesan yang mendalam dalam drama ini, seperti skuad Ri Jeong Hyeok yaitu Pyo Chi Su (Diperankan Yang Kyung Won) yang seringkali bertingkah menyebalkan, Kim Ju Meok (Diperankan Yoo Su-bin) penggila drama Korea Selatan dan salah satu Fanboy Choi Ji-woo (Jung Seo of Stairway to Heaven), Park Gwang Beom (Lee Shin-young) si tampan, Maknae yang imut Geum Eun Dong (Yang Jun Sang) dan penguping Jeong Man Bok (Kim Young Min). Ditengah keseriusan konflik, Mereka memiliki andil besar dalam membantu mengendorkan urat saraf penonton.
Sumber : Pinterest/Crash Landing on You
Tak lupa beberapa Aktor dan Aktris ternama hadir menjadi Cameo dalam drama ini. Seperti Jung Kyung Ho (Sebagai Cha Sang Woo, Mantan kekasih Yoon Seri), Park Sung Woong (Sebagai supir taksi di Korea Utara), Na Young Hee (Sebagai pemilik butik di Korea Utara), Kim Soo Hyun (Sebagai Dong gu, Mata mata Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan) dan Choi Ji Woo, biasnya Kim Ju Meok. Entah kenapa aku ikut bahagia melihat Ju Meok bertemu biasnya :")

Kehidupan rakyat Korea Utara dalam drama ini digambarkan secara jelas dan gamblang. Menurut seorang Youtuber yang juga seorang pembelot Korea Utara, Kang Nara yang ikut berpartisipasi dalam tim produksi Crash Landing on You, penggambarannya hampir 60 persen akurat.

Rating Drama ini mencapai 24,1 persen dan sukses menggeser Goblin dan Mr. Sunshine dalam jajaran drama yang meraih rating tinggi.

Sumber : Pinterest/Crash Landing on You

"Kebahagiaan dan kesialan layaknya koin yang memiliki dua sisi yang akan silih berganti." -Ri Jeong Hyeok

Seri tidak selalu berada di atas, dan semua orang juga begitu. Tetaplah positif thingking dan..

"Jangan berfikir untuk mengakhiri hidup di tempat yang indah." -Ri Jeong Hyeok



JUDUL : Crash Landing on You/ Love's Emergency Landing (사랑의 불시착 )
SUTRADARA: Lee Jung Hyo
PENGARANG : Park Ji Eun
STASIUN TV : TVn
GENRE : Romance, Comedy
EPISODE : 16
CAST : Hyun Bin sebagai Ri Jeong Hyeok
Son Ye Jin sebagai Yoon Seri
Kim Jung Hyun sebagai Gu Seung Joon
Seo Ji Hye sebagai Seo Dan

8 Quotes Drama Korea Tentang Kehidupan Yang Bisa Menginspirasimu!

8 Quotes Drama Korea Tentang Kehidupan Yang Bisa Menginspirasimu!



GENMUGN.MY.ID -  "Seseorang yang mempercayai pemikiran mereka adalah yang terbaik, dia dalam bahaya. Kau akan bertanggung jawab atas apa yang kau lakukan"
-Time
Sumber : Pinterest/Time
"Kalau kau menyesali pilihanmu atau mengalami kesulitan, larilah. Dengan anggun.. dan keren."
-Kill Me, Heal Me
Sumber : Pinterest/Kill Me, Heal Me
"Kamu tidak akan memahami perderitaan orang lain kecuali jika kamu merasakannya."
-Ms.Ma, Nemesis
Sumber : Pinterest/Ms.Ma, Nemesis
"Kau tidak digaji tiap bulan karna kerjamu baik. Kau digaji agar bisa tersenyum saat di kecam."
-Designated Survivor 60 Days
Sumber : Pinterest/Designated Survivor 60 Days
"Jangan lupa bahwa orang yang tak boleh kau lupakan adalah orang yang kau suka. Jika mengingat orang yang kau benci, kau hanya akan terluka."
-Crash Landing on You
Sumber : Pinterest/Crash Landing on You
"Dunia ini bukan kebun bunga, jangan bersikap baik kepada orang yang memukulimu. Mereka yang memukul tak tahu sakitnya di pukul. Hanya penerimanya yang tahu."
-Crash Landing on You

"Aku tak tahu caramu menjalani hidup, tapi aku mencoba menjalani hidupku sebaik mungkin. Jadi, aku mohon jangan memandangku rendah."
-Mr. Sunshine
Sumber : Pinterest/Mr.Sunshine
"Istri yang ditinggalkan suami itu janda. Suami yang ditinggalkan istri itu duda. Anak yang ditinggalkan orang tuanya itu yatim piatu. Tapi kenapa tak ada sebutan untuk orang tua yang kehilangan anaknya? Karena tak dapat dibayangkan. Tak ada kata yang bisa mendeskripsikan penderitaan itu."
-Hi Bye, Mama!
Sumber : Pinterest/Hi Bye, Mama!


Formula Resep Kue Pie

Formula Resep Kue Pie


GENMUGN.MY.ID
 - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, biasanya terdapat berbagai makanan dan kue untuk stok hari Raya Idul Fitri. 

Namun terkadang merasa bosan dengan kue itu-itu saja, rasanya pun biasa-biasa saja dan terkadang keras ketika digigit. Maka dari itu kita coba buat kue pie susu yuk?

Sebelum membuatnya, kita sediakan terlebih dahulu bahannya ya :

Bahan:
1. 1kg terigu. 
2. 250gr gula halus. 
3. 500gr mentega. 
4. 4 butir kuning telur. 
5. Bahan toping kue (Sesuai Selera). 

Berikut Merupakan Cara Membuat Kue Pie Susu

Cara membuat :
1. Masukan terigu, gula, mentega, dan kuning telur dalam wadah, kemudian aduk memakai tangan hingga bahan adonan tercampur rata dan kalis.
2. Siapkan cetakan pie, kemudian cetak adonan. Proporsinya jangan terlalu tipis maupun tebal.
3. Jika sudah dicetak,  tusuk tusuk adonan dengan garfu. 
4. Siapkan oven dan bakar kurang lebih 15 menit dengan suhu 150°C.
5. Jika sudah menguning, angkat dan siap untuk di beri toping sesuai selera.

Berikut merupakan cara membuat kue pie susu, selamat mencoba dan bereksperimen. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung. 
Untukmu Yang Diam-Diam Aku Selip Dalam Doa

Untukmu Yang Diam-Diam Aku Selip Dalam Doa

GENMUGN.MY.ID - Puisi ini tertulis begitu saja untuk kamu. Orang yang tahu aku ada, orang yang aku tahu ada.

Untukmu Yang Diam-Diam Aku Selip Dalam Doa
(GMP)
Aku dengar kabar pernikahanmu tanpa aba-aba
Selama ini, kau adalah satu nama yang selalu aku selip dalam doa
Mencoba menyalip seseorang yang lebih dulu ada
Yang ternyata sudah engkau incar sebelumnya



Semua kejadian ini terasa sangat amat sulit untuk dicerna
Aku berusaha sembunyi menyembunyikan wajah yang nyatanya terluka
Kenapa harus tiba-tiba
Kamu memutuskan menikah dalam jangka seminggu saja
Luar biasa

Dia wanita solehah yang lugu peragainya
Sangat jauh dengan aku yang keras wataknya
Bercadar wajahnya
Jika tertawa tidak ada sedikitpun suara
Jauh jika dibandingkan denganku nyatanya

Aku harap kamu tahu
Bahwa diam-diam aku selalu rindu
Diam-diam mencari celah agar rindu bisa berujung temu
Walau hanya sekedar berpapasan atau bertatap mata saja denganmu

Kini aku hanya kirim doa
Semoga engkau bahagia

Di pulau kapuk (Tempat rebahan paling nyaman di semesta)
Kota Tahu, 2020
BTS Comebackkkkkkkk!!!! Inilah 6 Fakta Menarik Dalam MV 'ON' Yang Perlu Kamu Tahu

BTS Comebackkkkkkkk!!!! Inilah 6 Fakta Menarik Dalam MV 'ON' Yang Perlu Kamu Tahu

Siapa yang selalu penasaran sama mereka?? 
Yuuu kepoinnn


Beberapa hari lalu tepatnya pada tanggal 21 bulan februari di tahun ini Bts merilis album baru Map of the Soul: 7 dengan lagu utama milik mereka, 'ON'. Yuhuuuuu, comeback nya kali ini Bts memperingati 7 tahun lamanya berkarya sejak tahun 2013 lalu. Ga kerasa ya gess? Sudah 7 tahunnnnn mereka berkarya untuk para Army sedunia. Yuhuuuuu!!!! Mari kita doakan supaya karir nya semakin baik serta sering perform di indonesia menyapa para army di sini mheheheee 😂😂. 

Mendapatkan banyak sekali viewers setelah diliris, berikut 6 fakta menarik BTS dalam MV 'ON' yang benar-benar perlu kamu tau. Apalagi buat para Army, uhhhhh cekidottttt.

1. Koreografi Yang Penuh Energi



Tidak dapat dipungkiri, choreography merupakan salah satu hal terpenting yang dapat membuat performance suatu MV menakjubkan para penggemar dan membuat penonton merasa terhibur. Demikian pula dengan choreography yang ditampilkan oleh 7 member BTS ini. Dalam MV 'ON', ketujuh member BTS tampil dengan sangat enerjik dari awal hingga akhir dengan beat yang cukup cepat. Tak heran jika para ARMY sungguh terpesona kepada para member. Uuuuu daebakk, iyakan? Heheh

2. Konsep MV Bersama Marching Band


Berbeda dari beberapa konsep album sebelumnya, dalam album ini BTS mengusung konsep bersama marching band. Dengan adanya marching band dalam choreography mereka, semakin membuat album ini sangat menarik untuk dilihat. Bagaimana? Betul tidak? Ga mungkin kalo Army belum nonton cuplikan video nya. Karenaaa sudah tayang di youtube mereka BANGTAN TV atau labelnya BIG HIT LABELS. 
Adapun marching band yang diajak berkolaborasi ialah dari Blue Devils. Selain dengan BTS, Blue Devils juga sebelumnya pernah tampil dalam performances Taylor Swift di acara BBMAs 2019, lho! Widiwwwww gimanaaaa kerenn kann Armyy!! 

3. Penampakan 'Tattoo' babang V


Selain menampilkan choreography enerjik serta kolaborasi dengan marching band, ada yang berbeda dari penampilan salah satu member BTS. Dalam MV yang berdurasi 4 menit 59 detik itu, ada scene yang dimana V terlihat memamerkan tattoo pada bagian wajah dan lehernya.
Di area bawah mata pria bernama lengkap Kim Taehyung itu terdapat tattoo dengan tulisan 'The shadow like me'. Dengan wajahnya yang tampan serta gayanya yang khas, tentu saja hal ini membuat para ARMY semakin tergila-gila oleh pesona V.

4. Jungkook Dengan Highnote Yang Luar Biasa


Dengan parasnya yang tampan serta vokal yang begitu merdu nan lembut merupakan salah satu daya tarik dari Jungkook. Lewat posisinya sebagai main vocal, pria yang kerap disebut golden maknae ini sukses meluluhkan hati para penggemar dengan suaranya di lagu 'ON'. Pada vokal part yang dinyanyikan oleh Jungkook, ada bagian yang perlu dinyanyikan dengan highnote. Dan Jungkook sukses membawakannya dengan mulus. Melihat hal itu, para ARMY pun memuji kemampuan Jungkook dalam bernyanyi.

5. Gerakan Jimin Yang Fenomenal


Babang jimin ini memang selalu bisa membuat para Army meleleh ya gesss mhehehe 😂, kemampuannya dalam menari sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Gerakan tari yang dihasilkan oleh pria kelahiran 1995 itu terlihat sangat baik dan indah. Hal itu juga terlihat dalam MV 'ON' yang baru dirilis. Ada bagian di mana Jimin melakukan gerakan bahu yang fenomenal seperti di MV sebelumnya. Tidak sampai di situ, Ia juga melepas sebagian jasnya untuk menyempurnakan gerakan tariannya. Duh, para ARMY pasti histeris, nih. Hehehe.

6. Meraih All-Kill Di Chart Musik Korea Dalam Waktu Singkat


Sukses dengan lagu-lagu sebelumnya yang pernah dirilis, kali ini pun BTS kembali sukses dengan lagu terbarunya. Sesaat setelah dirilis, lagu 'ON' meraih all-kill di seluruh chart musik Korea Selatan.  Dalam waktu singkat, lagu 'ON' yang dijadikan sebagai lagu utama ini langsung melesat menempati peringkat pertama pada chart musik Korea. All-kill dimulai dari Melon, Genie, Bugs, Soribada, hingga Flo. Waa chukkae BTS!! Gimanaaaa? Luar biasa ya babang nya. Sekian dan terima kasih sudah mau menyempatkan membaca. Dannnnn jika ada fakta lain yang kalian tahuu. Yuuuuu tulis di kolom komentar. Gamsahamnida! Saranghaeo gess ✌