Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Alat Pelindung Diri yang Diperlukan dalam Melakukan Pekerjaan Dengan Aman (K3)



Hallo sobat moegn, tentunya dalam melakukan pekerjaan kita harus memperhatikan situasi keamanan bukan.

Tapi taukah sobat moegn, apa saja sih yang diperlukan agar dapat melakukan pekerjaan dengan aman?

Pastinya perusahaan harus ada alat pelindung diri bukan. Apalagi dalam posisi dimana pekerjaan dengan resiko tinggi.

Nah, alat pelindung diri ini merupakan alat untuk melindungi seseorang yang fungsinya untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari bahaya di tempat kerja sobat moegn.

APD atau alat pelindung diri ini wajib hukumnya dipakai oleh pekerja saat melakukan pekerjaan. APD yang di gunakan juga harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) sobat moegn agar terjamin kualitasnya.

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.08/MEN/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri (APD) berdasarkan Pasal 1 Angka 1, alat pelindung diri adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja.

Bisa di simpulkan, alat pelindung diri ini sangat penting dan wajib di pakai saat bekerja sobat moegn.

Lalu, apa saja sih jenis dari alat pelindung diri yang di perlukan dalam melakukan pekerjaan supaya aman, sobat moegn. Yuk simak ulasannya sebagai berikut :

1. Pelindung Kepala
Pelindung kepala ini merupakan alat yang fungsinya untuk melindungi area bagian kepala dari bahaya sobat moegn.

Misalnya melindungi dari benda tajam dan keras yang melayang dan meluncur di udara, terpapar radiasi panas, api, percikan bahan kimia, jasad renik (mikro organisme) dan suhu yang ekstrim. Sobat moegn!

Contohnya : Safety helmet, hairnet (penutup rambut), topi kopi atau tudung kepala, dll.

2. Pelindung Mata atau Muka
Pelindung mata atau muka ini merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi bagian mata atau muka sobat moegn.

Yang dimana fungsinya agar mata dan muka sobat moegn terlindungi dari paparan bahan kimia yang berbahaya, partikel-partikel yang melayang di udara dan air, percikan benda kecil, uap panas, radiasi gelombang elektromagnetik, pancaran cahaya, dll.

Untuk contohnya, seperti : Spectacles, googles, face shield, masker selam, full face masker, dll.

3. Pelindung Telinga
Alat pelindung telinga ini fungsinya untuk melindungi gendang telinga dari kebisingan atau tekanan sobat moegn, agar tidak merusak pendengaran kita nantinya.

Contohnya yaitu : ear plug, ear muff, dll.

4. Palindung Pernapasan
Pelindung pernapasan merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi organ pernapasan sobat moegn, dengan cara penyaluran udara yang bersih dan sehat, menyaring cemaran bahan kimia, mikro organisme, partikel yang berupa debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas/fume, dan sebagainya.

Contohnya : Masker, respiratory, kanister, ear plug dll.

5. Pelindung Tangan
Pelindung tangan ini merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi tangan dan jari jari tangan kita loh sobat moegn, misalnya dari pajanan api, suhu panas atau dingin,  radiasi elektromagnetik, radiasi megion, arus listrik, bahan kimia, dll.

Contohnya  : Sarung tangan kulit, sarung tangan kanvas, sarung tangan karet, sarung tangan kain, dll.

6. Pelindung Kaki
Pelindung kaki ini merupakan alat yang dapat berfungsi untuk melindungi kaki sobat moegn, tentunya untuk melindungi dari tertimpa atau berbenturan dengan benda berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas atau dingin, uap panas, terpajang suhu ekstrim, terkena bahan kimia berbahaya dan jasad renik, bahaya binatang dll.

Contohnya : Safety Shoes, Sepatu Boot, dll.

7. Pakaian Pelindung
Pakaian pelindung ini merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi sebagian atau seluruh bagian badan sobat moegn.

Tugasnya yaitu melindungi dari bahaya temperatur panas dan dingin yang ekstrim, percikan bahan kimia, cairan dan logam panas, uap panas, benturan dengan mesin, peralatan dan bahan, tergores, radiasi, bakteri atau jamur dll.

Contohnya : Vest, Aspron, dll.

8. Pelindung Jatuh Perorangan
Pelindung jatuh perorangan ini merupakan alat yang berfungsi untuk membatasi gerak pekerja sobat moegn, agar pekerja tidak masuk ke tempat yang mempunyai potensi jatuh atau menjaga pekerja berada pada posisi kerja yang di inginkan dalam keadaan miring, maupun tergantung dan menekan serta membatasi pekerja jatuh dan tidak membentur lantai dasar.

Contoh : Harness, Carabiner, safety rope, dll.

9. Pelampung
Pelampung merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi pengguna yang bekerja di atas air atau permukaan air agar terhindar dari bahaya tenggelam jika terjadi jatuh.

Contohnya : Jaket keselamatan, rompi pengatur keterapungan, dll.



Itulah merupakan ulasan mengenai jenis alat pelindung diri atau sering di sebut APD yang diperlukan dalam melakukan pekerjaan dengan aman, sobat moegn.

Jika tidak percaya pada ulasan berikut, silahkan cari dari sumber lain. Keep sefety!

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung. Enjoyyy!
Atep Mugni Soleh Hudin
Atep Mugni Soleh Hudin Seorang manusia yang terus belajar hal baru. Aneh! Dingin! Nyegerin! Cendolnya gan?

Posting Komentar untuk "Jenis Alat Pelindung Diri yang Diperlukan dalam Melakukan Pekerjaan Dengan Aman (K3)"